SHARING KONEKSI INTERNET VIA ADHOC DI WINDOWS 7

Alat-alat yang di butuhkan sederhana saja. Disini kita hanya membutuhkan 2 buah Laptop atau lebih.
PC boleh gak?. Boleh2 aja asalkan ada Perangkat Wirelessnya ya. Jadi disini terdapat satu buah laptop yang menjadi servernya,yaitu yang nyediain atau yang bakal nge sharing internet nya. Dan laptop yang lain , kita sebut aja client. tinggal nebeng aja.šŸ˜€

Oke kita mulai konfigurasinya.
A.Ā  Di Laptop Server (Laptop yang ada akses internet).
1.Ā  Masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center .
2.Ā  Pada Jendela Network and Sharing Center, Klik Change adapter settings.
3.Ā  Anda akan lihat beberapa jenis perangkat Network di komputer anda. Ada Perangkat LAN, Wireless, Modem dan sebagainya. Nah jadi kali ini kita harus melakukan konfigurasi pada PerangkatĀ  yang mana terdapat akses internet nya. Gak ngerti?? Jadi gini penjelasanya.. misalnya saat ini gw memakai Speedy yang menggunakan kabel LAN langsung terhubung ke komp gw. Nah jadi gw akan mensharing LAN nya. Dan jika anda menggunakan modem USB .pilihlah perangkat USB modem. Dalam hal ini gw menggunakan speedy. Selanjutnya klik double perangkat LAN / modem dan akan muncul jendelaĀ  properties LAN / modem anda.

4. Pada Jendela Properties LAN / modem, pindah ke tab sharing dan beri tanda centang pada Allow others network users to connect through thisĀ  computer,s internet connection. Lalu klik OK.

5.Ā  Oke sekarang setelah kita men share. Langkah selanjutnya adalah membuat jaringan AdHoc. Apa itu Jaringan Adhoc dan bagaimana cara membuatnya sudah pernah gw buat dalam tutorial gw sebelum2nya. Silahkan baca di https://idrismk1.wordpress.com/2010/02/09/jaringan-adhoc-di-windows-7-ku/

6. Bagaimana?? sudah jadi kah jaringan AdHoc nya?. Jika sudah, pastikan client (computer yang nebeng akses internet) terhubung ke Jaringan Adhoc komputer server (laptop yang pertama).

7. Kali ini lakukan Konfigurasi IP Address pada Perangkat Wireless anda. Biasanya sudah terkonfigurasi otomatis saat kita pertama kali menshare LAN / Modem kita. Namun jika tidak. Anda harus mensetnya secara manual. Lakukan konfigurasi seperti berikut :

8. Tahap ke 8 ini berarti kita sudah masuk ke Konfigurasi Client(Laptop yang nebeng).
Untuk Client tidak begitu rumit. Cukup masuk ke perangkat wireless anda. Dan lakukan konfigurasi IP Address seperti berikut ini :

NB: Perlu anda ketahui bahwa untuk IP Address , jika komputerĀ  client atau yang ingin nebeng lebih dari 1 buah computer. Anda tidakĀ  boleh menggunakan IP address yang sama. Karena akan terjadi IP conflict. Jadi jika Client1 sudah menggunakan IP Address 192.168.137.5. Client lain harus mengganti angka belakangnya saja. Terserah anda, tergantung angka hoki anda. HehešŸ˜€ . misalnya 192.168.137.6 tapi harus di ingat angka hanya di perbolehkan mulai dari 1 ā€“ 255 saja dan tidak boleh ada IP Address yang sama. Untuk Subnet Mask dan Default Gateway jangan diganti. Karena itu sudah ketentuanya Ā untuk tiap client yang ingin nebengšŸ˜€.
dan masalah yang terakhir adalah alamat dari DNS Server dari laptop server(yang memiliki akses internet). Ā Sekarang kita kembali lagi ke Laptop Server(yang ada internet), kemudian cari tau apa alamat DNS Servernya. Karena tiap2 perusahaan penyedia internet seperti speedy,indosat,xl,telkomsel,aha,dsb pasti memiliki alamat DNS yang berbeda. Saya menggunakan Speedy dan setelah saya cari tau alamat DNS Servernya adalah 192.168.1.1 .
Nah pertanyaanya adalah Bagaimana cara mengetahui alamat Dns Server itu?.
Oke pertama tekan tombol Windows+RĀ  pada keyboard anda. Akan muncul jendela Run . Lalu ketikkan cmd . setelah masuke ke jendela cmd / Command Prompt .Ā  ketikkan ipconfig /all lalu Enter.
Carilah bacaan DNS Servers.

Untuk Speedy hanya terdapat satu buah DNS Servers. Dan jika modem yang anda gunakan terdapat 2 buah DNS. Jangan bingung. DNS satu lagi adalah Alternate DNS nya.

8.a Selanjutnya kembali lagi ke computer Client(yang nebeng internetan). Sekarang kita sudah tau alamat DNS Server dari laptop server. Nah masuk lagi ke konfigurasiĀ  IP Address nya dan isikan Alamat DNS di Preffered DNS Servers untuk yg hanya menemukan satu buah alamat DNS. Dan isikan alamat ke PrefferedĀ  DNS Servers dan juga Alternate DNS Servers untuk yang menemukan dua alamat DNS Servers.

Dan Selesai sudah konfigurasi dari sharing koneksi Internet via Adhoc di Windows 7. Selamat berselancar ria . Jelajahi dunia lewat komputermušŸ˜€ .

Terima Kasih dan Mohon maaf jika kata2nya terlalu berbelit2 dan susah di mengerti.
*maklum newbiešŸ˜€

See you guys.

4 responses to “SHARING KONEKSI INTERNET VIA ADHOC DI WINDOWS 7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s